Minggu, 09 September 2012

Nama nama Istana kepresidenan

Posted by Unknown  |  at  18.41

Istana kepresidenan yang berada di Jakarta ada dua, yaitu Istana Merdeka dan Istana Negara. Istana Merdeka ini berada di Jalan Merdeka Utara dan menghadap Taman Monumen Nasional (Monas). Istana Merdeka ini menjadi tempat kediaman resmi Presiden Republik Indonesia. Istana ini juga digunakan untuk upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi setiap tanggal 17 Agustus.


Sementara, Istana Negara berada di Jalan Veteran. Istana ini menghadap ke Sungai Ciliwung. Kedua istana ini dihubungkan dengan halaman tengah yang luasnya kira-kira setengah lapangan sepak bola. Pemerintah Republik Indonesia memusatkan kegiatan pemerintahannya di kedua istana tersebut.



Istana Bogor

Istana Kepresidenan Bogor terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 1, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat. Istana ini berdiri di atas tanah seluas 28,86 hektar dan berada di ketinggian 290 meter dari permukaan laut. Uniknya, di halaman istana yang luas ini terdapat 591 rusa totol yang dipelihara. Selain itu, halaman istana ini juga ditanami 346 jenis pepohonan.

Menurut data kepustakaan, Istana Bogor ini terdapat 37 bangunan. Beberapa bangunannya memiliki fungsi penting. Misalnya, Gedung Induk yang terdiri dari delapan ruang, yaitu Ruang Garuda, Ruang Teratai, Ruang Film, Ruang Makan, Ruang Kerja Presiden, Ruang Perpustakaan, Ruang Famili dan Kamar Tidur, serta Ruang Tunggu Menteri. Ada pula Gedung Utama Sayap Kiri, Gedung Utama Sayap Kanan, dan Paviliun I-IV.

Gedung Agung Yogyakarta

Istana kepresidenan yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dikenal dengan sebutan “Gedung Agung” atau “Gedung Negara”. Nama ini berkaitan dengan fungsi dari gedung utama istana tersebut, yaitu sebagai tempat penerimaan tamu-tamu agung.

Istana ini berada di Jalan Akhmad Yani, Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondoman, Kota Madya Yogyakarta. Istana yang dibangun pada 1869 ini, berseberangan dengan Museum Benteng Vredeburg.

Gedung induk di istana adalah Gedung Agung. Ada pula beberapa wisma, seperti Wisma Negara, Wisma Indraphrasta, Wisma Sawojajar, Wisma Bumiretawu, dan Wisma Saptapratala.

Oh ya, di sini, juga terdapat kompleks Seni Sono yang terletak di sebelah selatan. Kompleks ini semula milik Departemen Penerangan. Sekarang, dijadikan tempat penyimpanan koleksi bendabenda seni, gedung pameran, dan perkantoran.

Istana Tampak Siring

Istana Tampaksiring berada di Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Pulau Bali. Kompleks istana ini terdiri dari lima gedung utama dan satu pendapa.

Gedung ini didirikan dalam rangka kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN XIV. KTT ini diselenggarakan di Tampaksiring, tanggal 7—8 Oktober 2003.

Istana Tampaksiring memang kerap dipergunakan untuk konferensi. Namun, ruang utamanya juga dapat dipergunakan sebagai ruang resepsi dan ruang jamuan makan malam kenegaraan.

Istana Cipanas

Ada juga istana yang dibangun untuk tempat peristirahatan dan persinggahan presiden. Contohnya, Istana Cipanas. Istana ini berada di Desa Cipanas, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Bangunan istana ini berdiri di atas tanah seluas kurang lebih 26 hektar. Sementara, luas bangunannya sekitar 7.760 meter persegi.

Di tempat ini, terdapat sumber mata air panas yang mengandung mineral. Air panas yang mengandung mineral memang bisa menjaga kesegaran dan kebugaran tubuh. Karena itu, didirikanlah dua buah bangunan pemandian di istana ini, khusus untuk menampung limpahan mata air panas itu.

Sengaja posting mengenai nama nama istana kepresidenan ini untuk menambah pengetahuan kita, tak lupa semangat di hari pahlawan 10 Nopember 2009.

Tagged as:
About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

Jam

Pengunjung

Diberdayakan oleh Blogger.

Sejarah Bangsa Indonesia

back to top